Cara Mudah Hemat Kuota Internet Android

Cara Menghemat Kuota Data di Android

6 Cara Efektif Menghemat Kuota Data di Android

Zaman sekarang Smartphone sudah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia sama halnya dengan internet dan kuota yang sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari, tapi apa kalian pernah merasa heran karena kuota yang kalian beli cepat sekali habis sedangkan kalian tidak terlalu banyak menggunakanya. tenang sob kali ini akozoNet akan memberikan trik agar kalian bisa menghemat data kuota kalian.

 Berikut adalah 6 Cara Menghemat Kuota Data di Android :


Cara Menghemat Kuota Data di Android

1. Coba gunakan fitur Chrome “Data Saver” untuk browsing.

Jika kamu menggunakan perangkat android dengan os 4.3 keatas maka android kamu sudah mendapatkan fitur browser tambahan yakni Chrome browser dan Jika kamu pengguna Chrome browser, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

Cara Menghemat Kuota Data di Android

2. Aktifkan dan batasi penggunaan mobile data 

smartphone android semakin lama semakin canggih dan fitur terbarunya adalah sekarang perangkat android memiliki fitur data usage warning dengan fitur ini Kamu bisa memberikan kamu peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya kamu bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

Cara Menghemat Kuota Data di Android

3. Atur penggunaan data Aplikasi di background

Jika kamu benar-benar merasa boros kuota data tanpa kamu mamakainya, tips ampuh untuk menghematnya adalah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun pengaturang ini menimbulkan resiko yaitu  notifikasi kamu akan terlambat datang.

Cara Menghemat Kuota Data di Android

4. Non-aktifkan opsi sinkronisasi bila benar-benar tidak diperlukan.

tips lainya yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kuota data adalah menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

Cara Menghemat Kuota Data di Android

5. Indentifikasikan aplikasi yang menggunakan data

Smartphone memiliki banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita  untuk terkoneksi ke internet namun hal itu tentu saja akan memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kamu bisa masuk menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan kamu dapat melihat daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu.

Cara efektif Menghemat Kuota Data di Android

6.  Memperbarui aplikasi hanya  dengan sambungan WiFi.

Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka android kamu akan meng-update secara otomatis aplikasi yang telah terinstal untuk mendapatkan pembaruan terbar, dan perlu kalian tahu pembaruan aplikasi yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk untuk mengatasinya, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat perangkat android kamu terhubung dengan jaringan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Oke sobat itulah tips dan trik untuk menghemat kuota android. Gimana? cukup mudah bukan? semoga membantu ya.


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Blogger amatir bin pengangguran yang suka maen game

0 Response to "Cara Mudah Hemat Kuota Internet Android"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarmu