Tips Menghemat Memori Internal Android Terbukti Efektif

Aplikasi tangguh untuk menghemat penyimpanan android
AkozoNET | Tips Menghemat Memori Internal Android Terbukti Efektif - Apa jadinya jika smartphone yang kita gunakan untuk menunjang kebutuhan menjadi lelet karena memori internal yang sudah sesak dengan file yang kita simpan? pasti sangat menjengkelkan sekali. Perlu kita ketahui bahwa semakin banyak data seperti video, musik dan foto yang kita simpan di perangkat android kita akan membuat perangkat android menjadi lelet. Hal ini terjadi karena dua faktor utama yaitu : 
  1. Ruang penyimpanan sudah terlalu sesak sehingga tidak menyisakan cukup ruang untuk mobilisasi data.
  2. Sistem RAM yang terbebani oleh pembacaan data secara otomatis, dengan semakin banyaknya data yang harus di baca sehingga membuat RAM harus bekerja lebih keras untuk memberikan informasi secepat mungkin ketika kita memerintahkannya (membuka file data).

Memang saat ini sebenarnya sudah banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya yaitu dengan cara memasang aplikasi pihak ketiga. Sebagian pengguna android yang memilih opsi menginstal aplikasi optimizer berhasil mengatasi kendala ini. Tetapi tidak jarang (mungkin diantaranya adalah kamu) aplikasi ini tidak begitu berpengaruh dan malah memperlambat kinerja android kita. Sebaik apapun aplikasi optimizer android, jika memori sudah tidak memungkinkan untuk kinerja maksimal, maka hasilnya tetap akan sia-sia. Untuk itu yang perlu kita lakukan adalah dengan memaksimalkan file compressing atau peringkasan data tetapi dengan tidak menghilangkan data-data penting yang sewaktu-waktu kita butuhkan. 

Dari sekian banyaknya aplikasi file optimizer yang ditawarkan di Playstore, berikut ini ada beberapa tips dan rekomendasi aplikasi dari admin untuk memaksimalkan penyimpanan data di androidmu.

1. Mengurangi Ukuran File Gambar dengan Photo Compress

Aplikasi tangguh untuk menghemat penyimpanan android
Photo Compress 

Photo Compress adalah aplikasi yang sangat tepat untuk kamu gunakan sebagai aplikasi penghemat ruang memori android. Terkadang sebuah foto yang kita ambil dari internet ataupun hasil kamera memiliki ukuran yang besar dan tentunya ini akan mempersempit ruang memori internal androidmu. Nah dengan aplikasi ini kamu akan dapat mengatasinya.

2. Optimalkan Gambar dengan Image Optimizer

Aplikasi tangguh untuk menghemat penyimpanan android
Image Optimizer

Selain Photo Compres Aplikasi yang satu ini juga sangat ampuh untuk membantumu, namanya adalah Image Optimizer, memiliki fungsi yang sama dengan photo Compres dan sama-sama ahli dalam mengompres gambar atau foto. Tapi sayang sekali Image Optimizer sudah lama tidak diperbarui oleh pengembangnya akibatnya aplikasi ini tidak kompatible di beberapa perangkat.

3. Menggunakan Cloud Storage Sebagai Penyimpanan File Alternatif 

Aplikasi tangguh untuk menghemat penyimpanan android
Cloud Storage | Dropbox

Cara terakhir yang admin rekomendasikan adalah dengan cara memasang aplikasi pihak ketiga yang akan berfungsi memberikan ruang penyimpanan untuk data yang kamu miliki Selain gratis, media cloud seperti Dropbox maupun Google Drive sangat ampuh dalam menghemat storage android. Terlebih lagi, aplikasi seperti Dropbox dapat menyimpan gambar pribadi kamu secara otomatis. Begitu juga dengan Google Drive. Biasanya untuk Storage seperti Google Drive sudah tersedia sebagai fitur bawaan dari ponsel keluaran terbaru.

Kelemahan dari aplikasi ini (saat ini) adalah memerlukan jaringan internet untuk melakukan penyimpanan. Tetapi dibeberapa tempat seperti dikota hal ini tidak menjadi kendala karena sudah banyak bertebaran hotspot-hotspot gratis, atau secara umum pemasangan wifii pribadi sudah biasa.

Oke Sob itu lah cara simple yang admin berikan untuk membantu kalian dalam memaksimalkan penyimpanan perangkat android yang kecil, semoga membantu yak. Salam!!


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Blogger amatir bin pengangguran yang suka maen game

0 Response to "Tips Menghemat Memori Internal Android Terbukti Efektif"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarmu